MODEL PEMBELAJARAN MATEMATISASI BERJENJANG: INTEGRASI PENDEKATAN-PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK, KONTEKSTUAL DAN KOLABORATIF

Prosiding Seminar Nasional Sain dan Pendidikan Sain, ”Pembelajaran Sain yang Menarik dan Menantang” FSM UKSW, Salatiga 12 Januari 2008. (Penulis II, Pemakalah Utama Seminar).


Abstrak: Makalah ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran matematika yang mengintegrasikan pendekatan-pendekatan konstrukstivistik, kontekstual dan kolaboratif, yang telah, sedang dan akan dilaksanakan penulis. Model pembelajaran ini dinamakan model matematisasi berjenjang. Model ini dikembangkan berdasarkan proses reinvensi terbimbing dan memadukan pendekatan-pendekatan konstruktivistik, kontekstual, dan kolaboratif. Pendekatan konstruktivistik diwujudkan dalam bentuk penyusunan kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan oleh siswa sendiri berdasarkan kegiatan pembelajaran sebelumnya dan dengan topangan dari guru. Pendekatan kontekstual diwujudkan dengan penyusunan kegiatan pembelajaran awal berupa kegiatan pemecahan masalah kontekstual. Pendekatan kolaboratif diwujudkan dalam bentuk variasi metode belajar siswa.
Pada bagian awal makalah ini disajikan latar belakang dan landasan teori pengembangan model pembelajaran. Kemudian disajikan hasil ujicoba secara terbatas model pembelajaran ini dan upaya untuk memperluasnya serta pengembangan kurikulum dan buku ajar yang memgimplementasikan model pembelajaran ini. Makalah diakhiri dengan gagasan pemanfaatan software matematika dinamik , Wingeom dan Winplot sebagai media dan alat bantu pembelajaran.

Kata-kata kunci:. Model Pembelajaran Matematika, konstrukstivistik, kontekstual dan kolaboratif.

DOWNLOAD SELENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar