PENYUSUNAN MODEL SIMULASI PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT UNTUK KELAS 1 SMA DENGAN PENDEKATAN ‘MATEMATISASI BERJENJANG’
Oleh:
M. Andy Rudhito
M. Andy Rudhito
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model simulasi pembelajaran topik persamaan kuadrat di kelas 1 SMA dengan pendekatan ’matematisasi berjenjang”. Model simulasi ini terdiri atas skenario pembelajaran dan rekaman pelaksanaan kegiatan pembelajarannya di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas, di kelas 1 SMA Sang Timur Yogyakarta.
Rancangan Skenario Pembelajaran (RSP) awal yang disusun perlu dievaluasi dan diperbaiki dari segi pengelolaan pembelajaran di kelas hingga menjadi Skenario Pembelajaran (SP) final. Guru hendaknya lebih singkat dalam memberikan instruksi, lebih tenang dan sabar dalam mengelola kelas kooperatif, memberikan bantuan pada siswa dengan tepat sesuai sesuai tahap kegiatan siswa, menyadari bahwa pembagian waktu tahapan-tahapan dalam RSP yang telah disusun tidak ketat. Siswa nampak siap untuk melakukan perubahan kegiatan pembelajaran, dapat muncul beberapa strategi penyelesaian masalah yang diberikan, berani untuk menampilkan hasil kerja dan mendiskusikannya, kecepatan dan kesiapan siswa dalam tahap-tahapan kegiatan yang dilakukan berbeda-beda.
DOWNLOAD LAPORAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar